UTARA - SELATAN






____





THE OBSERVANT CLUB : MOBILITY 1.01 . UTARA SELATAN

Group Exhibition

Lir Space, Yogyakarta

2018




Program ini merupakan presentasi dua project/ aktivitas yang sedang berjalan, yaitu "Swara Pembangunan" dan "Ziarah Utara". Kedua project/ aktivitas ini berpusat pada persoalan agraria yang sedang berjalan di Yogyakarta, tak terkecuali di Temon Kulon Progo (Swara Pembangunan) dan Teluk Jakarta (Ziarah Utara). UTARA - SELATAN mencoba untuk mempresentasikan dua pendekatan berbeda dalam kerja artistik yang terkait isu sosial saat ini.


Swara Pembangunan adalah kelompok tim pengemasan informasi seputar peristiwa yang terkait dengan pemindahan paksa, penghacuran lahan pertanian, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan isu agraria. Kelompok ini dibentuk dari keinginan untuk melibatkan seniman-seniman yang masih sangat muda secara lebih aktif sebagai bagian dari upaya mengamplifikasi isu agraria ke tengah anak muda yang lebih umum. Kerja-kerja desain, media, dan pengemasan informasi, serta sifat responsif dari kelompok ini adalah bentuk pendekatan yang disesuaikan dengan urgensi serta ke arah mana isu ini berkembang.

Ziarah Utara adalah sebuah project yang diinisiasi oleh Irwan Ahmett, Tita Salina, Hannah Ekin, dan Jorgen Doyle. Project ini dimulai dengan perjalanan menyusuri pesisir utara Jakarta dengan berjalan kaki selama 10 hari untuk melihat sejarah, dinamika sosial, serta lanskap wilayah utara Jakarta yang saat ini sedang mengalami pembangunan yang masif, salah satunya adalah Giant Sea Wall yang rencananya akan membentang di sisi utara Jakarta. Perjalanan ini kemudian menjadi metode riset sekaligus praktek yang puitis di antara persoalan-persoalan lingkungan dan sosial yang hadir dalam keseharian masyarakat di pesisir utara Jakarta. Ziarah Utara kemudian berkembang menjadi perjalanan-penelitian yang berkelanjutan hingga jangka waktu yang belum ditentukan.

Dalam UTARA-SELATAN, dua ruang galeri di LIR Space difungsikan sebagai ruang diskusi, pertemuan, dan ruang kerja yang terus berubah dan bergerak secara aktif selama satu bulan masa presentasi berlangsung.


[click here to read curatorial text]